Jumat, 27 Maret 2009

Keindahan Dan Nikmatnya Lombok

Jumat, 27-03-2009 RSS Feed

Keindahan Dan Nikmatnya Lombok

Senin, 05-11-2007 10:00:18 oleh: Kevin Salam
Kanal: Remaja

Keindahan Dan Nikmatnya Lombok

Lombok merupakan pulau yang sangat disukai oleh wisatawan manca negara, karena Lombok memiliki keindahan alanmya yang sangat memukau. Selain itu Lombok juga memiliki budaya yang sangat unik dan Lombok terkenal dengan penghasil mutiara terbesar di Indonesia.

Daerah wisata di Lombok yang sangat memukau yaitu tanjung aan, tanjung aan ini merupakan pantai yang sangat indah dan juga sangat menarik bagi para wisatawan, karena pantai ini memiliki pasir yang sangat putih dan warna air laut dengan gradasi warna yang memukau. Tanjung aan ini dikelilingi oleh pengunungan dan terpencil. Tanjung aan ini merupakan surga bagi para wisatawan, karena keindahannya bisa membuat para wisatawan yang datang akan merasa seperti berada di surga.

Selain tanjung aan, Lombok juga terkenal dengan penghasil mutiaranya. Banyak para wisatawan membeli hasil kerajinan tangan ini sebagai souvenir atau sebagai periasan. mutiara-mutiara Lombok merupakan mutiara hasil dari laut, sehingga memiliki nilai yang sangat mahal. Lombok juga memiliki makanan khas yaitu sate ikan, plecing kangkung, dan juga ayam bakar taliwang, selain itu makanan khas Lombok yang lain adalah sate rembiga.

Selain keindahan alam dan juga kerajinan Lombok juga memiliki budaya yang sangat unik yaitu tradisi nyongkolan. Tradisi nyongkolan adalah tradisi adat dalam acara perkawinan yang dikenal denganistilah "sorong serah aji karma adat", yang artinya kedua pengantin diarak, dibawa dalam sebuah prosesi untuk memperkenalkan mereka kepada masyarakat umum, khususnya di tempat tinggal keluarga pengantin perempuan. Selain tradisi adat Lombok, Lombok memiliki arsitektur bangunan yang hamper sama seperti dibali.

Lombok memiliki sebuah gunung yaitu gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut. Gunung Rinjani merupakan gunung ketiga tertinggi di Indonesia, tampak mendominasi pulai Lombok. Tak aneh bila arsitektur Lombok berkiblat pada bentuk Rinjani. Yang paling jelas tampak adalah Taman Narmanda yang dibangun dengan konstruksi pola gunung Rinjani dan Segara (danau) Anakan. Keindahan pulau Lombok tak dapat terlukiskan dengan kata-kata, tetapi pulau Lombok memiliki keindahan yang tak terbatas untuk keindahan alamnya

Sumber: Mjalah Tamasya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar